Jaringan Komputer


Unknown | 22.17 |

1. Pengertian Jaringan
           Jaringan merupakan kumpulan dua atau lebih komputer beserta alat pendukungnya yang saling terhubung dan memungkinkan terjadinya pertukaran data tanpa harus memindahkan media penyimpanan secara fisik.
    1.1 Istilah Pengertian Jaringan
Network, Networking, Workstation, Server, Client, Stand alone
Network : Komputer akan disebut komputer network apabila ada bebrapa komputer yang saling berhubungan satu sama lainnya dan dapat menggunakan perangkat lain secara bersaan.
Networking : apabila ada beberapa komputer yang terhubung dalam jaringan yang sama dan saling berbagi akses, baik data maupun sumber daya peralatan.
Workstation : Sekumpulan komputer yang terhubung salam suatu jaringan komputer.
Server : Sebagai pusat, baik sebagai pusat data, pusat database, pusat sistem dan lainnya. Komputer yang menjadi pusatnya itu lah yang disebut server.
Client : dimana suatu komputer dalam sistem jaringan bertindak sebagai anak. Komputer ini selalu melakukan permintaan berupa data maupun sumber daya.
Stand alone : komputer yang tidak terhubung dalam jaringan, dimana komputer tersebut berdiri sendiri dan hanya dapat menggunakan sumber daya atau alat dari komputer itu sendiri.

2. Manfaat Jaringan.
- Menghemat biaya karena memungkinkan penggunaan bersama (sharing) peralatankomputer dalam jaringan
- Mempermudah dan mempercepat pertukaran data
- Menghemat kapasitas media penyimpanan (harddisk) karena memungkinkan pengaksesan file dari  komputer lain sehingga tidak harus melakukan pengkopian.

3. Jenis-Jenis jaringan komputer
        1. Jenis Jaringan Berdasarkan Jarak.
1. LAN
       LAN (Local Area Network) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumber daya misalnya printer dan saling bertukar informasi.
2. MAN
       MAN (Metropolitan Area Network) merupakan jaringan komputer berjangkauan yang merentang di suatu wilayah metropolitan (sebuah kota besar dan daerah sekitarnya).
3. WAN
       WAN (Wide Area Network) merupakan jaringan yang mencakup wilayah geografis luas seperti provinsi, pulau, negara, benua, bahkan seluruh dunia.
        2. Jenis Jaringan Bardasarkan Transmisi
1. Jaringan Berkabel
         Pada jaringan berkabel setiap peralatan komputer hanya dapat berkomunikasi dengan komputer lain yang secara fisik terhubung dengannya.
2. Jaringan Nirkabel
         Sinyal yang dikirim berupa gelombang elektronik tanpa menggunakan pengantar fisik (kabel) sehingga dapat diterima oleh siapa saja yang mampu menangkapnya.
Keunggulannya : mobilitas, kecepatan instalasi, fleksibel tempat pengurangan anggaran biaya kemampuan jangkauan.
Kelemahannya : transmisi data dari komputer yang berbeda dapat menggangu satu sama lainnya, biaya peralatan mahal, adanya delay yg besar, keamanan data atau kerahasiaan data kurang terjamin, sinyalnya terputus-putus yang disebabkan oleh adanya benda yg menghalangi sinyal.
        3. Jenis Jaringan Bardasarkan Peranan dan Hubungan
1. Client Server
Jaringan yang memisahkan komputer client dan server
2. Peer To Peer
Setiap komputer dapat bertindak sebagai client maupun server

4. Komponen-komponen jaringan komputer
      1. Hardware Jaringan.
- Kabel
                            
             Coaxial                                                                          UTP  


                                                    
                                                               Serat Optik


- Repeater
      Berfungsi untuk menerima sinyal kemudian meneruskan kembali sinyal yang diterima dengan  kekuatan     yang sama. Dengan adanya repeter, sinyal dari suatu komputer dapat komputer lain yang letaknya berjauhan.

- Hub
       Fungsinya sama dengan repeater hanya hub terdiri dari beberapa port, sehingga hub disebut juga multiport repeter. Repeater dan hub bekerja di physical layer sehingga tidak mempunyai pengetahuan mengenai alamat yang dituju. Meskipun hub memiliki beberapa port tetapi tetap menggunaka metode broadcast dalam mengirimkan sinyal, sehingga bila salah satu port sibuk maka port yang lain harus menunggu jika ingin mengirimkan sinyal.
  
- Bridge
       Berfungsi seperti repeater atau hub tetapi lebih pintar karena bekerja pada lapisan data link sehingga mempunyai kemampuan untuk menggunakan MAC address dalam proses pengiriman frame ke alamat yang dituju.
                    
- Switch
      Fungsinya sama dengan bridge hanya switch terdiri dari beberapa port sehingga switch disebut multiport bridge. Dengan kemampuannya tersebut jika salah satu port pada switch sibuk maka port-port lain masih tetap dapat berfungsi. Tetapi bridge dan switch tidak dapat meneruskan paket IP yang ditujukan komputer lain yang secara logic berbeda jaringan.
      

-NIC
         NIC (network interface card) adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari computer ke sebuah jaringan computer.


-Modem
        Modem digunakan sebagai penghubung jaringan LAN dengan Internet. Dalam melakukan tugasnya, modem akan mengubah data digital kedalam data analog yang bisa dipahami oleh kita manusia ataupun sebaiknya.
   
- Tang Krimping
         Tang krimping berfungsi untuk menjepit kabel dengan konektor yang telah terpasang sehingga mudah lepas pada saat instalasi. Penggunaan tang ini disesuaikan dengan jenis kabel dan konektor yang akan kita gunakan untuk membangun jaringan.
   

5. Modus Transmisi
1. Simplex
         karakteristik : transmisi data berlangsung satu arah, seperti arus lalu-lintas pada jalan raya satu arah. Pada setiap link, hanya salah satu piranti yg dapat mengirim pesan/sinyal sedangkan piranti yg lain hanya menerima pesan/sinyal tersebut.
keterangan : beberapa contoh modus transmisi simplex terjadi pada siaran radio/televisi, aliran data dari keyboard (alat input) ke monitor (alat output), dan aliran data dari alat penerima sinyal atau sensor (misalnya seismograf) ke komputer. analogi lain adalah aliran air sungai dari tempat tinggi ke tempat yg lebih rendah.
2. Half Duplex
        karakteristik : pada modus setengah-duplex (half-duplex), transmisi data dapat terjadi secara dua arah namun harus bergantian (tidak dalam waktu bersamaan). pada saat salah satu alat mengirimkan sinyal, alat yg lain hanya dapat menerima sinyal.
keterangan : walkie talkie dan radio CB adalah dua contoh peralatan komunikasi yg menggunakan modus transmisi setengah-duplex.analogi lain adalah jalur kereta api tunggal (single track).
3. Full Duplex
       karakteristik : pada modus transmisi full-duplex (atau disebut duplex saja), aliran data dapat terjadi dalam dua arah pada saat yg bersamaan. kedua komputer di setiap link dapat saling mengirim dan menerima data sekaligus.
keterangan : modus transmisi duplex analogi dengan jalur lalu-lintas dua arah. contoh dalam komunikasi adalah dua orang yg berbicara dan saling mendengarkan lawan bicara lewat telepon.

0 komentar:

Posting Komentar